I Amsterdam Trip 2015: Immigration Rush

Setiap kali ke luar negeri, masalah imigrasi selalu bikin pusing. Ya, setelah banyaknya kasus terorisme, penyelundupan dan pemalsuan paspor yang semakin terekspos dari hari ke hari, kebanyakan negara mulai menaruh curiga yang berlebihan kepada WNA yang datang. Negara adidaya seperti Amerika menjadi salah satu yang paling paranoid tentang hal ini, dengan berbagai sistem keamanan yang secara latah juga diterapkan di negara-negara sahabatnya. Tidak jarang kita mendengar cerita-cerita seram dari orang Indonesia (kebanyakan dengan penekanan ‘muslim’) yang sering diperlakukan tidak adil di imigrasi, seperti diletakan di antrian khusus, diinterogasi berjam-jam, sampai bahkan ditahan atau dideportasi. Hmm.. nggak tahu deh kenapa harus ditekankan kata muslim, padahal di paspor juga nggak ada keterangan agama yang dianut.

Sebenarnya sih saya gak tahu cerita ini benar, atau hanya ulah segelintir orang sial yang selalu berpandangan muslim itu umat yang ‘teraniaya’. Alhamdulillah sih sampai saat ini saya nggak pernah dapat kesialan macam itu, jadi saya nggak merasa ‘terdzolimi oleh bangsa barat’ seperti yang sering diceritakan itu. Memang muka saya nggak arab-arab banget plus nggak punya jenggot gondrong, tapi kan nama saya tetap ada unsur islaminya (nama belakang saya Akbar). Prinsip saya, selama kita jujur, santai dan memenuhi persyaratan legal, kita nggak bakal diapa-apain kok! Just relax, karena kalau kelihatan tegang justru kita bisa dicurigain macem-macem—lagipula, apa yang harus ditakuti?

Nah, waktu ke Belanda kemarin, baru kali itu saya dapat sedikit masalah di imigrasi. Di bandara Schipol, saya baru saja pulih dari penerbangan 18 jam dari KL-Amsterdam yang super membosankan. Kebosanan saya langsung pulih ketika merasakan udara musim dingin pertama saya di Eropa, langsung menusuk tubuh begitu berdiri di depan pintu pesawat. Seperti penumpang lain, saya langsung bergegas menuju konter imigrasi di terminal kedatangan, tempat di mana Jan mungkin sudah menunggu. Tentu saja, saya masih sempat memotret beberapa bagian bandara yang lumayan bagus ini.

IMG_20150129_073912
Bandara Schipol yang penuh orang-orang ngantuk

Lanjutkan membaca I Amsterdam Trip 2015: Immigration Rush