Tetap Sehat saat Bersepeda di Musim Hujan

Herbadrink Blog Compeition: Life Style Story with Sari Temulawak

Selain keadaan part-part sepeda, kesehatan tubuh juga harus diperhatikan saat bersepeda di musim hujan.

Sejak 2 tahun yang lalu saya resmi menjadi “goweser” alias orang yang gila dengan dunia bersepeda. Awalnya sih saya  menggunakan sepeda sebagai moda transportasi alternatif untuk commuting, namun akhirnya saya justru jadi ketagihan! Sekarang hampir setiap hari saya menggunakan sepeda untuk pergi kemana-mana; mulai dari sekedar pergi ke kampus atau kantor, menaklukan tanjakan di lereng gunung Merapi, hingga touring jarak jauh ke berbagai kota di Pulau Jawa.

Me and my bike

Sayangnya, cuaca Jogja yang tidak menentu di musim penghujan membuat aktivitas gowes saya sedikit terganggu. Pagi yang  terlihat cerah tanpa awan bisa langsung berubah menjadi hujan lebat hanya dalam beberapa jam. Selain bisa merusak part-part sepeda, hal ini sering membuat saya  kehujanan saat sedang asyik-asyiknya mengayuh pedal di jalanan. Akhirnya saya pun pulang dalam keadaan basah kuyup, kelelahan dan kedinginan. Menyebalkan!

Mungkin karena terlalu sering kehujanan, kesehatan saya pun mulai terganggu. Saya mulai sering terserang flu dan batuk, diikuti dengan perut kembung dan begah yang muncul berkali-kali. Stamina tubuh pun menurun drastis, sehingga saya sering merasa cepat lelah setiap kali bersepeda. Tentu saja hal ini mengganggu aktivitas saya sehari-hari, apalagi di tengah kesibukan yang semakin menjadi-jadi.

Selain bikin part cepat rusak, hujan juga membuat tubuh mudah sakit

Untuk mengatasi gangguan kesehatan ini saya pun mulai mengkonsumsi ramuan herbal untuk menjaga imunitas, khususnya dari bahan temulawak (Curcuma xanthorizha). Temulawak ini dikenal sebagai obat alami berbagai keluhan kesehatan, khususnya gangguan pencernaan seperti kembung, mual, asam lambung, dan lain-lain. Gangguan-gangguan ini biasanya muncul ketika kita menghadapi kondisi ekstrem, termasuk suhu dingin saat kehujanan.

Selain itu, temulawak juga bisa memelihara kesehatan fungsi hati, salah satu organ penting di proses pengolahan ammonia di tubuh kita. Ammonia sendiri merupakan zat sisa hasil metabolisme yang harus segera dikeluarkan. Saat berolahraga di kondisi dingin, tubuh kita bekerja lebih keras untuk menjaga suhu tubuh sekaligus menyuplai energi untuk kinerja otot. Hal ini membuat tubuh menghasilkan lebih banyak ammonia. Hati pun harus bekerja ekstra untuk mengolah kadar ammonia yang berlebih menjadi urea, sehingga kita harus memberi perhatian lebih pada organ yang satu ini.

Bagan fungsi hati (ilustrasi pribadi)

Dengan kondisi pencernaan dan hati yang sehat, proses penyerapan dan pengolahan nutrisi di tubuh pun bisa berjalan dengan lancar. Hal ini membantu meningkatkan imunitas tubuh terhadap berbagai penyakit yang sering muncul di musim hujan seperti flu, diare, dan lain-lain. Selain itu hal ini juga memastikan terjaminnya asupan energi ke otot-otot tubuh selama beraktivitas, sehingga kita pun tidak cepat merasa lelah.

Sayangnya, kesibukan saya sehari-hari menyulitkan saya dalam mencari dan mengolah temulawak secara mandiri. Untungnya, seorang teman menyarankan saya untuk mengkonsumsi Herbadrink Sari Temulawak yang tersedia dalam kemasan sachet, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Saya pun bisa menyeduh sari temulawak kapan saja dan dimana saja, mulai dari rumah, kantor, kampus, atau bahkan di tengah jalan ketika saya sedang touring jarak jauh.

Bentuk kemasan sachet udah dibawa kemana saja, termasuk saat bersepeda.

 Meskipun tergolong jamu, minuman ini tidak memiliki rasa pahit sama sekali. Biasanya, saya mengkonsumi minuman ini di pagi hari dalam keadaan hangat sebelum berangkat bersepeda. Selain itu, saya juga sering menyeduhnya di dalam bidon (botol minum yang biasa dibawa pesepeda) sebagai suplemen ketika bersepeda jarak jauh. Minuman ini juga bisa diseduh dalam keadaan dingin, cocok untuk cooling down ketika beristirahat selepas berolahraga.

Herbadrink bsa diseduh di bidon untk suplemen selama perjalanan

Setelah mengkonsumsi Herbadrink Sari Temulawak secara rutin, berbagai gangguan kesehatan yang saya rasakan pun menghilang. Saya bisa kembali melakukan aktivitas sehari-hari sambil menjalankan hobi bersepeda dengan lancar, bahkan di tengah musim hujan yang berkepanjangan. Pokoknya, gowes jalan teruuus…

 

Tinggalkan Balasan

