eBird: Aplikasi Web bagi Pengamat Burung

eBird adalah satu dari sekian banyak aplikasi pengamatan burung berbasis website yang dikembangkan oleh Cornell’s Lab Ornithology. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mencatat data observasi pengamatan burung yang Anda liat, khususnya jumlah individu dan jenis-jenis burung yang Anda lihat. Data ini kemudian dikumpulkan di database ebird dan dapat diakses oleh semua member yang terdaftar, dan dapat digunakan oleh para peneliti dan pengamat burung lain di seluruh dunia untuk kepentingan dunia ornithologi.

eBird merupakan aplikasi yang sangat berguna bagi para twitcher yang ingin mencatat daftar burung yang pernah mereka amati, atau bagi pengamat burung biasa yang ingin mendokumentasikan data pengamatan burung mereka. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, tidak perlu mendownload karena berbasis website, dan juga GRATIS! Anda bisa menggunakan eBird untuk mencatat data pengamatan yang Anda miliki dan eBird akan mengolahnya sehingga mudah untuk dibaca, seperti pengelompokan burung yang Anda liat di suatu daerah, negara, atau suatu waktu tertentu.

Ingin mencobanya? Berikut merupakan panduan dasar dalam menggunakan eBird untuk mengunggah data pengamatan dan mengeksplorasi data yang telah Anda kirim:

Mendaftar di eBird

122

Jika Anda belum terdaftar, kunjungi http://ebird.org dan pilih ‘sign up’. Isi semua data dengan lengkap dan pilih continue. Kunjungi email Anda dan klik link konfirmasi pendaftaran di email yang dikirimkan oleh ebird. Jika Anda tidak menemukan email tersebut di inbox, coba cari di Spam.

Mengirim Data Pengamatan

  • Untuk mengirimkan data pengamatan (observation data), pergi ke halaman awal ebird dan klik “Submit Observation”.

222

  • Di halaman selanjutnya, Anda diminta untuk menunjukan lokasi pengamatan Anda. Jika Anda pernah memasukan data pengamatan di lokasi tersebut, pilih “My location” dan pilih lokasi Anda. Jika belum, pilih “Find it on map” dan Anda akan diarahkan ke peta.

10

  • Cari lokasi pengamatan Anda di peta. Jika lokasi pengamatan Anda sudah tercatat di ebird, lokasi ini akan ditandai dengan pin berwarna biru. Klik pin ini dan tekan “continue” untuk melanjutkan.

8

  • Jika belum, anda bisa menambahkan lokasi tersebut sebagai lokasi pengamatan burung dengan men-Zoom peta (dengan men-scroll mouse ke atas) hingga tidak bisa di zoom lagi dan klik lokasi anda tepat di titik awal Anda mengamati burung.

7

  • Akan ada pertanyaan “Suggest this as new birding hotspot” atau “sarankan tempat ini sebagai titik pengamatan baru”. Silahkan pilih sesuka anda “yes” untuk menyarankan lokasi anda sebagai lokasi yang sangat baik untuk mengamati burung, atau “no” jika anda tidak menyarankannya. Kemudian klik “continue”.
  • Di halaman baru, Anda diminta untuk memasukan detail pengamatan lain.
  • Isi tanggal, bulan dan tahun pengamatan di kolom yang tersedia.
  • Isi juga tipe pengamatan Anda, apakah “Travelling” (Anda mengamati burung sambil berjalan di lokasi pengamatan), “Stationary” (Anda mengamati burung di lokasi yang tetap, tidak bergerak seperti di pos pengamatan), “Incidental” (Anda tidak bermaksud mengamati burung tapi melihat spesies yang menarik, seperti sedang naik kereta, bus, jalan kaki, berkebun dll) atau “others”.

6

  • Akan terbuka form baru yang harus Anda isi sesuai dengan tipe pengamatan Anda. Misalnya, untuk tipe “travelling” anda diminta memberikan detail jam berapa anda mulai pengamatan (start time, diisi jam dalam format 12 jam : menit : AM/PM), berapa lama Anda mengamati burung (duration, diisi dengan Jam : menit), jarak tempuh (distance, ada 2 pilihan jarak yaitu mil dan kilometer), jumlah pengamat (party size), serta komentar lain (comments, cuaca dan lain-lain, tidak harus diisi). Lalu pilih “continue” untuk melanjutkan.

5

  • Anda akan dibawa ke halaman baru dengan beberapa list burung dalam bahasa inggris dan ilmiah yang tersusun sesuai urutan famili. Jika Anda hanya ingin menampilkan nama latin, pilih “references” dan klik “scientific name only”. Jika Anda ingin mengurutkan nama burung sesuai dengan abjad, pilih “Alphabetic”.

4

  • Anda bisa mulai menambahkan jenis-jenis burung yang Anda lihat saat pengamatan. Cari nama burung yang Anda lihat, lalu ketikan jumlah individu spesies yang Anda lihat pada kotak di samping nama burung tersebut (tidak perlu di-klik namanya). Jika Anda tidak menghitung jumlah individunya, cukup ketikan “x” di kotak tersebut.

3

  • Jika Anda ingin menambahkan detail lebih lanjut mengenai spesies yang Anda lihat, seperti jumlah dewasa, jumlah remaja, atau jumlah jantan dan betina, klik nama burung tersebut dan akan muncul form2 yang bisa Anda isi sesuka hati (tidak diisi pun tidak masalah).

11

  • Jika Anda tidak menemukan burung yang Anda lihat di list tersebut, ketikan nama inggris atau latin spesies tersebut di kotak “add species”3 dan tekan Enter. Jika spesies yang Anda lihat merupakan jenis baru/sangat langka di daerah tersebut, Anda akan diminta memasukan data yang lebih detail (seperti komentar, jumlah, jantan/betina dll)2 sebelum ebird memasukannya di “observation data” Anda.
  • Jika sudah selesai, pada kolom pertanyaan “Are you submitting a complete checklist of the birds you were able to identify?”4 pilih “Yes” dan klik “save”5.
  • Data observasi Anda sukses terkirim dan tersimpan di database eBird dan bisa diakses kapan saja dan oleh semua member ebird untuk perkembangan ilmu perburungan. Setiap spesies yang Anda lihat secara otomatis masuk ke dalam “life list” Anda di eBird.
  • Jika Anda ingin mengubahnya, klik “edit species list” atau “edit date and effort” dan ulangi langkah di atas.a4

Melihat lifelist Anda

  • Jika Anda ingin melihat daftar jenis burung yang pernah Anda lihat seumur hidup, klik “my ebird” dari halaman awal eBird.
  • Akan muncul beberapa tabel berisi ringkasan jumlah spesies yang pernah Anda lihat. Untuk melihat semua jenis burung yang pernah Anda lihat, klik angka yang tertera di depan teks “life list”.

a1

  • Untuk melihat semua jenis burung yang pernah Anda lihat di area tertentu seperti provinsi, negara atau benua, klik angka yang tertera di tabel tersebut.
  • Anda akan diarahkan ke halaman dengan tabel semua jenis burung yang pernah Anda lihat dan Anda kirim ke eBird. Jika ada burung yang Anda lihat namun belum mengirimkan satupun Observation Data dengan jenis burung tersebut di daftar jenis yang Anda kirim, spesies tersebut tidak akan muncul di tabel ini.

a2

  • Anda hanya bisa menambah jenis burung yang baru Anda lihat (lifer) dengan mengirimkan observation data lengkap dengan cara yang sama seperti yang sudah dijelaskan di bagian sebelumnya.
  • Untuk menghapus salah satu jenis tertentu, klik nama burung dan Anda akan ditunjukan observation data mana saja Anda melihat burung tersebut. Klik tanggal observation data tersebut, lalu klik “delete” di depan nama spesies yang ingin Anda hapus. Spesies tersebut hanya akan hilang dari “life list” Anda hanya jika Anda menghapus spesies tersebut dari semua observation data Anda.

a3

a4

Mengeksplorasi data di eBird

Bila Anda membutuhkan data mengenai keberadaan berbagai spesies burung di area tertentu, Anda bisa mendapatkannya di eBird.  Ada banyak pilihan data yang bisa Anda lihat seperti grafik, chart, peta, tabel, dan lain-lain—semuanya gratis! Cukup klik “Explore Data” dan pilih data yang Anda inginkan, bentuk data serta waktu lokasi yang Anda pilih.

Segitu dulu yaa, nanti tambah lagi. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s