Some Tiny World Around Us

Melihat lebih dekat, itu adalah penggalan kata yang sangat saya kagumi dari lagu-lagu Sherina semasa kecil. Ya, dengan melihat lebih dekat kita akan menemukan sesuatu yang “terlihat baru”, sesuatu yang lebih indah dan tidak kita sadari sebelumnya alias terlewat begitu saja. Yah, terlewat, padahal keindahan itu ada di sekitar kita!

Semut Rangrang, Oecophylla sparadigma, Weaver Red Ant — di UIN Sunan Kalijaga.

Semut Rangrang, Oecophylla sparadigma, Weaver Red Ant — di UIN Sunan Kalijaga.

Foto semut rangrang tersebut saya ambil saat menghadiri coaching clinic yang diselenggarakan oleh kawan-kawan Biolaska di UIN Sunan Kalijaga, sebagai bagian dari acara Pekan Biodiversitas Indonesia. Dengan kamera milik mas Syahputra dan Extender Tube milik mas Ady Kristanto—terimakasih banyak buat mereka, saya pun mencari buruan di seputaran kampus FMIPA, sekali lagi, hanya di sekitar kampus FMIPA, tidak lebih dari 20 meter dari pintu utama.

Tidak jauh dari tempat saya memotret semut-semut itu, terlihat seekor Katak-pohon Bergaris (Polypedates leucomystax, Stripped Tree Frog) yang sedang “ndekem” diantara pohon-pohon hias Aglaonema. Langsung saja saya, Mbak Evi (istri mas Ady), dan mas Syahputra memberondong katak ini sambil berjibaku dengan lebatnya tanaman hias tersebut.  Bahkan, mas Syahputra yang terlalu sibuk memotret sampai tidak sadar kalau seluruh tubuhnya dirayapi oleh semut rangrang!

Katak-pohon Bergaris, Polypedates leucomystax, Stripped Tree Frog

Saya membayangkan betapa seringnya keindahan makhluk hidup ini terlewatkan oleh mata manusia. Ribuan manusia berlalu lalang di tempat ini, dan mereka (termasuk saya) tidak sadar dengan keindahan yang ada di sekitarnya!

Terkadang kita harus mengubah jalan pikir kita dalam mengamati sesuatu, dalam memahami keindahan kehidupan. Saya rasa nggak perlu pergi terlalu jauh untuk menikmati keindahan ini, berbekal keinginan dan kreatifitas apapun bisa menjadi indah! Seperti kata mas Swiss Winnasis ketika mengisi acara coaching clinic tersebut:

“Kita harus melihat seakan-akan mata kita adalah lensa kamera. Sesuatu yang biasa saja, jika kita tahu dan bisa mengambilnya dari sisi lensa kamera, akan menjadi luar biasa”

—Swiss Winnasis

Lihatlah lebih dekat, dan kau akan mengerti🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s