Bahkan Di Jantung Kota Jakarta!

Panser adalah kendaraan wajib bagi para pengamat burung untuk menembaki para pemburu

Jumat, 26 September 2009

Hari ini, saya kembali di ajak oleh Jakarta Birder untuk birding di Taman Monumen Nasional atau Monas. Setelah sampai di tempat parkir motor, saya belum melihat tanda-tanda dari Khaleb dan kakaknya Boas. Beberapa ekor walet linchii /Collocalia linchii sedang terbang melayang sementara seekor Betet biasa/ Psittacula alexandri terbang dari arah jalan raya ke dalam Taman Monas sambil teriak-teriak “copet!! copet!!!”.Wah, mesti waspada nih!

Tiba-tiba terdengar suara burung yang belum bisa saya identifikasi. Ada 3 ekor, mereka semua terbang bersama sebelum akhirnya saya melihat Khaleb, Boas dan temannya, Andy . Mereka langsung menyimpulkan burung tadi adalah Caladi Ulam dari suaranya dan jambul merahnya, bandingkan bila saya yang melakukan, 5 jam baru bisa teridentifikasi!. He3, Sambutan yang cukup menarik.

Tiba-tiba terdengarlah suara “Kut-kut-kut” berulang-ulang, yang merupakan suara dari burung incaran saya: Takur Ungkut-ungkut/ Megalaima haemacephala yang bertengger di sebuah ranting tanpa daun. Wow!! ini baru sambutan yang hebat! Sayangnya ada seorang anak iseng  yang membawa senapan angin membidik Burung tersebut, dan anjrid! ternyata ayahnya malah mendukung anak tersebut untuk menembak! Spontan,  teriak-teriak mengusir burung tadi supaya dia terhindar dari senapan angin si anak. Berhasil, dia pergi!

“Gile.. mau jadi apa tuh bocah? bokapnya dukung lagi!”, tutur saya.

“Berani amat nembak burung di depan birdwatcher”, sambung para birder lainnya.

“He iye, bayangin kite lagi birding, tiba-tiba burung yang ada di binokular langsung jatuh ketembak…”

“Kalau gitu sih, tiap kali birding kita bawa senapan aja ye… biar kalo ada yang nembak burung, kita bales tembak burung-nya!”

(GREAT IDEA!!!!)

Perjalanan dilanjutkan, kami melihat rombongan Merpati Batu/ Columba livia yang sedang terbang,  dan kami sempat mengiranya sebagai Punai Gading/Treron vernans. Pengamatan pun kami alihkan sejenak untuk mengamati perilaku percumbuan dari beberapa Merpati di sini (Dasar laki-laki!! he3 :-p). Waktunya belajar mendapatkan pacar! Mungkin para merpati ini bisa membantu saya, he3. Setidaknya, kami sempat melihat Jalak Suren/Sturnus contra dan Kerak kerbau di dalam kandang Rusa tutul/Axis axis serta seorang perempuan cantik tapi bodoh memberi makan rusa di kandang, padahal ada papan larangannya!

Setelah berputar-putar mencari Bentet Kelabu/ Lanius schah, kami pun melihat 3 ekor Jalak Suren yang sedang bermain-main di tanah bersama Kerak Kerbau, B. Gereja Eurasia dan Tekukur . Di atasnya terlihat seekor Caladi Ulam yang mencari mangsa, sementara itu suara Remetuk Laut terdengar dimana-mana, bersahutan dengan suara para pedagang yang berteriak  “akua..akua…mijon.. mijon..”. Sempat terpikir oleh saya, bagaimana mungkin mereka bisa menciptakan prodruk baru bernama Mijon?

Pencarian Bentet kelabu dan Kapinis Rumah kami lanjutkan. Di dekat sebuah kolam, kami melihat seekor Kerak kerbau yang sedang minum, lalu bersembunyi dan akhirnya kabur melihat kedatangan kami. Target kami, Kepinis Rumah pun terlihat. Burung yang seperti Walet dan beregerak lincah ini hanya terlihat melintas beberapa kali. Akhirnya saya tahu perbedaannya: Tubuh lebih besar, sayap lebih runcing, dan terbang lebih cepat.

Setelah berputar-putar mencari Bentet Kelabu, akhirnya kamipun menyerah dan memutuskan untuk pulang. Seekor Kekep Babi menjadi hidangan penutup bagi kami. Burung yang satu ini memang pemberani dan usil, sehingga ia mampu menyerang hewan yang jauh lebih besar darinya, bahkan Elang sekalipun!!

NB:

Thanks buat fotonya dari Khaleb Yordan. Maaf ya nggak bisa memberikan banyak foto cuz pulang dari Monas, data saya hilang bersama Hp-nya… Copet Sialan!!!!!!!!! Ramalan si Betet ternyata tepat.. hikz..hikz…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s